Tuesday 3 November 2015

SEMINAR KESEHATAN “UP DATE: PENANGANAN KEGAWATDARURATAN PSIKIATRI”



Gangguan jiwa adalah penyakit dengan manifestasi psikologik atau perilaku berkaitan dengan gangguan fungsi akibat gangguan biologik, sosial, psikologik, genetik salah satu penyebab gangguan jiwa tersebut adalah skizofrenia dimana adanya keretakan kepribadian, keretakan atau disharmoni proses pikir, perasaan dan perbuatan (Maramis, 1986) gejala dari skizofrenia tersebut adalah delusi/waham halusinasi, gaduh gelisah, tidak bisa diam, mondar mandir, agresif, pikiran penuh, curiga, menyimpan rasa permusuhan, afek datar/tumpul. Menarik diri, miskin bicara, apatis dan stereotype (Hawari, 2001).
Kegawatdaruratan psikiatri adalah tiap gangguan dalam berpikir ,perasaan atau tingkah laku yang memerlukan intervensi pengobatan secepatnya. Karena berbagai alasan seperti meningkatnya insidensi kekerasan, meningkatnya perhatian kepada peranan penyakit organik dalam perubahan status mental, dan epidemik alkoholisme dan gangguan penggunaan substansi lain yang menyebabkan jumlah pasien psikiatri terus bertambah (DR.Widjaja Kusuma,1997)
Kegawatdaruratan psikiatri merupakan aplikasi klinis dari psikiatrik pada kondisi darurat. Kondisi ini menuntut intervensi psikiatriks seperti percobaan bunuh diri, penyalahgunaan obat, depresi, penyakit kejiwaan, kekerasan atau perubahan lainnya pada perilaku. Pelayanan kegawatdaruratan psikiatrik dilakukan oleh para profesional di bidang kedokteran, ilmu perawatan, psikologi dan pekerja sosial. Permintaan untuk layanan kegawatdaruratan psikiatrik dengan cepat meningkat di seluruh dunia sejak tahun 1960-an, terutama di perkotaan.
Keperawatan Gawat Darurat adalah pelayanan profesional yang didasarkan pada ilmu keperawatan gawat darurat & teknik keperawatan gawat darurat berbentuk pelayanan bio-psiko-sosio- spiritual yang komprehensif ditujukan pada semua kelompok usia yang sedang mengalami masalah kesehatan yang bersifat urgen, akut dan kritis akibat trauma, proses kehidupan ataupun bencana.
Penatalaksanaan keperawatan kegawatdaruratan psikiatri dilakukan oleh perawat dan dokter yang kompeten berdasarkan profesionalisme dan standar pelayanan, diharapkan dengan profesionalisme khususnya perawat dan dokterdalam memberikan pelayanan dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan meningkatkan kesehatan pasien yang dirawat di RS J Grhasia. Pada kedaruratan psikiatri, prioritas yang utama diberikan pengobatan pada pasien agitasi yang dapat menimbulkan insiden pada pasien dan melukai petugas yang menimbulkan ketidaknyamanan secara psikologis terhadap pasien. Secara klinis agitasi dapat dijumpai berupa pembicaraan yang berlebihan dan abnormal atau penyerangan fisik, perilaku motorik tertentu, kemarahan yang memuncak daan gangguan fungsi pada pasien. Pasien psikotik sering dirujuk ke bagian darurat oleh seseorang yang lain. Tingkah laku yang tidak dapat ditoleransi pada masyarakat, seperti tindak kekerasan, agresi, agitasi, dan tingkah laku yang kacau atau yang tidak sesuai, biasanya akan melibatkan pihak penegak hukum ataupun layanan darurat medis. Keluarga dari pasien psikotik membawa pasien ke layanan kedaruratan karena tindakan agresif, atau mereka melaporkan bahwa pasien berhenti makan, tidak tidur, berperilaku aneh, atau mereka tidak mampu lagi mengurus diri.
Untuk mencapai hal tersebut,diperlukan SDM yang berkualitas dan kompeten dibidangnya dan melaksanakan tugasnya sesuai dengan etik profesi keperawatan yang menjadi aturan dan norma yang digunakan sebagai acuan dalam pemberian asuhan keperawatan.

Dengan pertimbangan hal–hal tersebut diatas, dan dengan melihat kebutuhan kemampuan penyedia layanan dalam hal ini perawat dan dokter maka PPNI Komisariat RSJ Grhasia memandang  diperlukan seminar “Up date Penanganan Kegawatdaruratan Psikiatri” pada perawat dan dokter.

B.   TUJUAN
     1.Tujuan Umum
  Setelah mengikuti seminar ini diharapkan peserta seminar memiliki pengetahuan, sikap, dan keterampilan dalam pelayanan kegawatdaruratan psikiatri  layanan kesehatan jiwa di RS maupun di komunitas.
2. Tujuan Khusus
        Setelah mengikuti Seminar,peserta mampu :
1.     Memahami konsep kegawatdaruratan psikiatri
2.     Memahami dan melaksanakan asuhan Kedaruratan Psikiatri
3.     Memahami dan mengeloala psikofarmaka dalam kegawatdaruratan psikiatri
4.     Memahami dan melaksanakan pengelolaan kasus dengan pendekatan krisis intervensi
5.     Memahami dan melaksanakan teknik penanganan kegawatdaruratan psikiatri
6.     Mampu bekerja sama dengan profesi lain dalam menyelenggarakan pelayanan kedaruratan dan perawatan intensif psikiatri

C. SASARAN
     Sasaran Seminar Up Date Kegawatdaruratan psikiatri ini adalah:
1.      Perawat dan dokter RSJ Grhasia DIY
2.      Praktisi/Tenaga Kesehatan dari luar RSJ Grhasia
3.      Mahasiswa Kesehatan


D. WAKTU DAN TEMPAT KEGIATAN
     Kegiatan Seminar Up Date  Penanganan Kegawatdaruratan Psikiatri ini akan dilaksanakan pada :
               Hari /Tanggal : Sabtu, 17 Oktober 2015
               Waktu            : 07.30-13.00 WIB
               Tempat          : Graha Ganesa Gedung Diklat Lt.1 RSJ Grhasia DIY


E. NARA SUMBER
1. Psikiater  : dr. Shanti Yuliani, M.Sc., Sp.KJ (RSJ Soeroyo Magelang)
Materi :           Konsep Penanganan Kegawatdaruratan psikiatri dan Psikofarmaka
2. Perawat   : Yayuk Sami Rahayu, S.Kep., Ns ( RSJ Grhasia DIY)
Materi :           Tehnik penanganan kegawatdaruratan psikiatri di Rumah Sakit
3. Perawat   : Suharsono, M.N.( Poltekkes Kemenkes Semarang)
Materi :           Tehnik penanganan kegawatdaruratan psikiatri di komunitas/masyarakat











F. SUSUNAN ACARA
SUSUNAN ACARA SEMINAR KEPERAWATAN
“UP DATE PENANGANAN KEGAWATDARURATAN PSIKIATRI”
Waktu
Acara
Penanggung jawab
08.00 – 08.30
Registrasi peserta
Panitia
08.30 – 08.45
Pembukaan
Menyanyikan lagu oleh “Grhasia Nursing Choir”(Indonesia Raya, Mars Grhasia, Mars PPNI)
Pembawa Acara
08.45 – 09.15

Laporan Ketua Panitia
Ketua Panitia
Sambutan Direktur RSJ. Grhasia DIY, sekaligus membuka acara
Sie. Acara
09.15 – 10.15
Materi I : Konsep Penanganan Kegawatdaruratan psikiatri dan Psikofarmaka.
Narasumber : dr. Shanti Yuliani, M.Sc., Sp.KJ.
Moderator dan Notulen :
Sie Ilmiah
10.15 – 11.00
Materi II : Tehnik penanganan kegawatdaruratan psikiatri di Rumah Sakit.
Narasumber : Yayuk Samirahayu, S.Kep., Ns
Moderator dan Notulen :
Sie Ilmiah
11.00 – 11.45
Materi III : Tehnik penanganan kegawatdaruratan psikiatri di komunitas/masyarakat.
Narasumber: Suharsono, M.N
Moderator dan Notulen :
Sie. Ilmiah
11.45 – 13.00
Diskusi Panel
Moderator dan Notulen : Sie. Ilmiah
13.00 – 13.30
Pembagian doorprize dan Penutup
Sie Acara
 

Judul: SEMINAR KESEHATAN “UP DATE: PENANGANAN KEGAWATDARURATAN PSIKIATRI”; Ditulis oleh ROHMADHAJ; Rating Blog: 5 dari 5

1 comment: